Profil UPT

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bahasa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) merupakan salah satu unit pelaksaaan teknis yang memberikan pelayanan administrasi pada level Universitas. UPT Pusat Bahasa memberikan pelayanan kepada mahasiswa dalam bentuk memberikan Ujian bahasa inggris atau English Test Program (ETP). ETP tersebut merupakan aturan administrasi yang ada di lingkungan UMRAH sebelum mengikuti sidang akhir (skripsi).

Untuk bisa mengikuti tes ini, mahasiswa harus mengisi formulir yang disediakan dengan melampirkan syarat surat aktif kuliah dari fakultas dan pas photo ukuran 2×3 sebanyak 2 (dua) lembar. ETP ini bisa diikuti oleh 24 orang mahasiswa per sesi sesuai dengan kapasitas ruang laboratorium UPT Pusat Bahasa dengan durasi waktu 1.30 menit untuk setiap sesinya.  Pelaksanaan ujian ETP dijadwalkan setiap hari senin di setiap minggunya dengan pelaksanaan satu hingga tiga sesi dengan tambahan waktu tes pada hari jum’at apabila jumlah mahasiswa yang mengikuti ujian ETP melebihi kapasitas yang telah ditetapkan.

Pengumuman jadwal pelaksanaan ETP bagi peserta tes akan diumumkan pada hari Jum’at dan pengumuman hasil Tes diumumkan seminggu setelah pelaksanaan tes. Skor minimal yang harus didapatkan mahasiswa untuk bisa lulus pada tes ini adalah 380. Tes ini meliputi tiga aspek penilaian yaitu: Listening, Structure, dan Reading.

UPT Pusat Bahasa turut memfasilitasi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk mengikuti English Test Program berdasarkan waktu yang ditetapkan. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris dengan hasil atau skor yang diperoleh.